Rabu, 03 November 2010

Keunikan Karya Wayang Kulit Keemasan Masa Silam



Wayang Kulit sepintas seperti biasa-biasa saja walaupun tengah dimainkan diatas panggung. Namun ketika kita mengamati detail wayang kulit, membuat kita tertegun karena kagum. Wayang hidup sudah sejak lama sekali, kalau tidak salah sejak jamannya Para Wali Songo wayang sudah diperkenalkan sebagai kesenian yang mempunyai tujuan sebagai media dakwah. Cerita-cerita Ramayana dan Mahabrata yang telah dirubah sedemikian rupa yang mengacu kepada dakwah penyebaran Islam, membuahkan imaje positif yang terpatri dihati penggemarnya hingga kini.
Detail Wayang Kulit yang rumit dengan cukilan-cukilan halus diatas lembaran kulit sapi atau kerbau itu, memberikan nuansa indah ketika bayangannya muncul dilayar panggung Wayang Kulit. Detail itulah yang membuat kita merasa kagum akan ketekunan, ketelitian,kesabaran dan keseriusan pembuat Wayang Kulit. Hasil tangan terampil mereka menghasilkan karya indah dan agung yang mampu bertahan puluhan hingga ratusan tahun.
Keunikan karya Wayang Kulit merupakan keemasan masa silam yang sulit dilupakan orang, dari sisi manapun karya Wayang Kulit mampu meninggalkan decak kekaguman. Betapa para pembuat Wayang Kulit tempo dulu sudah demikian kreatifnya, hingga mampu menghasilkan puluhan karya yang tetap awet sepanjang jaman.
Hal inilah yang sepantasnya mendorong motivasi para pengrajin kita, agar tetap berusaha untuk menghasilkan karya kerajinan yang mampu bertahan lama dan tetap disenangi orang. Kreatifitas para leluhur kita membuktikan bahwa setiap orang mestinya mampu melakukan hal yang sama walaupun dalam wujud karya yang lain. Jangan cepat bosan berkarya apalagi berhenti berkreasi, karena terobosan dalam menciptakan kreasi baru akan memberikan nilai lebih yang sangat beharga. Kini dunia telah mengembar gemborkan industri kreatif semua yang berbau kreatif akan sangat dihargai, bukan karena asal ucap, tetapi memang kreatifitaslah yang akan memberikan nuansa lain dalam berkehidupan dimasyarakat.
Industri Kreatif ternyata mampu memberikan sumbangsih yang tinggi dalam mengapreasi karya dilingkungan konsumen, upaya kreatif banyak menghasilkan dampak positif bagi keberlangsungan usaha. Tanpa kreatifitas, maka tingkat kebosanan akan menggerogoti setiap perjalanan usaha kita.
Berkat keunikan karya Wayang Kulit kita jadi terobsesi untuk melakukan hal yang sama, selalu mencari kreatifitas ntuk mencapai kepuasan pelanggan atau konsumen. Tidaklah salah jika Wayang Kulit menjadi mediator kreatifitas kita untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis atau melakukan usaha dibidang apapun.
Lengkapilah wawasan kreatifitas kita agar kita tidak tertinggal dalam dunia modern serta Globalisasi ini. Semoga.

Penulis,

Halimi,SE,MM.

0 komentar:

Poskan Komentar