Rabu, 03 November 2010

Menikmati hasil menekuni kerajinan Lukisan Kaca



Lukisan Kaca Cirebon sebuah karya seni yang dipercayai merupakan warisan tempo doeloe, berkembang sudah sejak lama sekali ditanah Caruban Nagari ini. Berawal dari seni rakyat yang berada disekitar Keraton Pakungwati atau Keraton Kasepuhan Cirebon, sebagai media seni yang bertutur tentang pengembangan Islam di tatar Caruban Nagari. Media seni yang akhirnya menempati tempat dihati penggemarnya, bahkan Lukisan Kaca saat itu mejadi media dakwah Islam melalui Lukisan Kaligrafi.
Banyak yang menyebutkan Lukisan Kaca Kaligrafi Islam Cirebon seperti mengandung daya magis yang membuai penikmatnya serta mempunyai kekhasan dan kesepesifikan tersendiri, bahkan tidak sedikit (katanya lho) dijadikan tulak bala. Wallahualam bisawab.
Terlepas dari itu semua saya menyukai Lukisan Kaca Cirebon karena mempunyai potensi besar yang akan menciptakan "ikon" kerajinan diwilayah Kota Cirebon dan sekitarnya. Berbicara Cirebon tentu takkan lepas dari berbicara tentang Lukisan Kaca Cirebon, karena ikon ini telah lama membekas dalam ingatan setiap orang.
Kenapa demikian ?
Kita lihat tadi tentang sedikit sejarah Lukisan Kaca masa silam yang berkait erat dengan sejarah perkembangan Islam di tatar Cirebon dan Jawa, kemudian daya tarik tersendiri yang ditampilkan Lukisan Kaca Cirebon. Dan yang sangat menakjubkan Lukisan Kaca Cirebon dilukis dengan gaya terbalik, cukup bingung bukan ?
Melukis dengan gaya terbalik, sesuatu pekerjaan seni yang membutuhkan ketelitian,kesabaran dan keseriusan. Karena ketika kita melukisnya, maka lukisan yang kita buat tertutup seluruhnya oleh yang dikuaskan menutup sktesa yang kita buat. Jangan buru-buru pengen melihat bagian depannya sebelum cat kering ! akan sia-sia jika dilakukan tanpa menunggu catnya kering, bisa-bisa seluruh cat meleber kemana-mana dan Lukisan jadi berantakan.
Nah dengan ketelitian ketika melukis, perlu kesabaran menunggu waktunya cat mengering (biasanya satu hari penuh) dan akhirnya baru keseriusan melakukan finishing seperti mmberi bingkai untuk lembaran kaca yang telah dilukis, memberi background pada latar belakang lukisan serta melakukan pemeriksaan akhir dari keseluruhan pekerjaan melukis.
Baru dech......kita bisa membalikan bagian depan....untuk dapat melihat hasil lukisan kaca tersebut. Dan wuaaaahhh pasti akan terpana dengan hasilnya, cantik,menarik dan indah dipandang mata.
Bagian pengecatan yang berada didalam dimaksudkan agar Lukisan menjadi awet dan tahan lama, karena tidak dapat tergores dan terjangkau tangan. Ketebalan kaca memberikan daya tarik tersendiri yang mampu membiaskan kedalaman lukisan kaca yang kita buat,warna warni dari cat yang dipoleskan akan nampak benning tertutup lapisan lembaran kaca.
Kini saya telah belasan tahun melakoni usaha Lukisan Kaca Cirebon, sangat memberikan kenikmatan tersendiri selama melakoni usaha tersebut. Daya kreatifitas semakin tergali, ketelitian,kesabaran dan keseriusan semakin mengasah sikap saya selama ini. Belum lagi jika Lukisan Kaca itu laku dipasaran, selain bangga dan senang maka puluspun mengalir mengisi pundi-pundi. Walau tidak selancar air mengalir, usaha ini masih tetap bisa diandalkan sebagai sumber penghasilan saya.
Saya bersyukur bisa menekuni usaha Lukisan Kaca Cirebon ini, ada rasa bahagia terselip dihati saya. Rasa bahagia karena telah ikut melestarikan kerajinan seni Lukisan Kaca Cirebon, rasa senang karena memberikan nilai tambah bagi kehidupan saya serta rasa bangga yang melengkapi hidup sebagai warga Cirebon.
Akhirul kata, saya akan tetap menekuni usaha ini sepanjang saya mampu menuangkan kreatifitas, semoga Allah SWT tetap memberikan keberkahan atas usaha ini. Amien.

Penulis,

Halimi,SE,MM.

0 komentar:

Poskan Komentar