Menunaikan ibadah haji wajib hukumnya,
bahkan menjadi salah satu rukun Islam bagi madzhab Ahlussunnah dan
sebagai kewajiban furu’uddin dalam madzhab Syi’ah. Berbeda dengan
kewajiban-kewajiban syari’at lainnya, menunaikan ibadah haji boleh
dikatakan merupakan kewajiban terberat dalam Islam.
Orang
yang melaksanakan ibadah haji ke tanah suci mengahdapi resiko yang
tidak kecil, mulai dari kesengsaraan di perjalanan (khusus jemaah haji
Indonesia kesengsaraan itu sudah terasa jauh hari sebelum
keberangkatan), hingga ancaman kematian akibat berdesak-desakan dan
terinjak-injak oleh sesama jemaah haji saat melakukan ritual haji
seperti pernah dialami beberapa tahun yang lalu akibatnya semrawutnya
pelayanan haji yang diselenggaran sang “Khadimul Haramain”. Bahkan
–lagi-lagi khusus untuk jemaah haji Indonesia- kelaparan.
Itu
sekarang ketika semua sarana dan prasarana pelaksanaan jemaah haji
sudah sangat modern. Bagaimana dengan jaman dulu, ratusan tahun lalu,
saat pesawat terbang belum ada, bahkan kendaraan daratpun baru berupa
kuda dan onta ? Dapat kita bayangkan betapa beratnya menunaikan ibadah
haji pada jaman itu terutama bagi kaum muslimin yang bertempat tinggal
jauh dari tanah suci seperti di Nusantara ini.
Konon,
perjalanan menuju Mekah dari daerah-daerah di Nusantara membutuhkan
waktu 2 hingga 6 bulan lamanya karena perjalanan hanya dapat ditempuh
dengan kapal layar. Bayangkan berapa banyak perbekalan berupa makanan
dan pakaian yang harus dipersiapkan para jemaah haji ! Itu pun belum
tentu aman. Kafilah haji selalu harus waspada akan kemungkinan para
bajak laut dan perompak di sepanjang perjalanan, belum lagi ancaman
topan, badai dan penyakit. Tidak jarang ada jemaah haji yang urung
sampai di tanah suci karena kehabisan bekal atau terkena sakit.
Kebanyakan dari mereka tinggal di negara-negara tempat persinggahan
kapal.
Karena
beratnya menunaikan ibadah haji, mudah dimengerti bila kaum muslimin
yang telah berhasil menjalankan rukun Islam kelima ini kemudian
mendapatkan kedudukan tersendiri dan begitu terhormat dalam masyarakat
sekembalinya ke negeri asalnya. Merekapun kemudian mendapat gelar
“Haji”, sebuah gelar yang umum disandang para hujjaj yang tinggal di
negara-negara yang jauh dari Baitullah seperti Indonesia dan Malaysia,
tapi gelar ini tidak populer di negara-negara Arab yang dekat dengan
tanah suci.
Sejak
kapan kaum muslimin Indonesia mulai menunaikan ibadah haji ? Yang jelas
kesadaran untuk menunaikan ibadah haji telah tertanam dalam diri
setiap muslim Indonesia generasi pertama semenjak para juru da’wah
penyebar agama yang datang ke nusantara memperkenalkan agama Islam.
Prof.
Dadan Wildan Anas (PR 17 Januari 2006) menyebutkan dalam naskah Carita
Parahiyangan dikisahkan bahwa pemeluk agama Islam yang pertama kali di
tanah Sunda adalah Bratalegawa putra kedua Prabu Guru Pangandiparamarta
Jayadewabrata atau Sang Bunisora penguasa kerajaan Galuh (1357-1371).
Ia menjadi raja menggantikan abangnya, Prabu Maharaja (1350-1357) yang
gugur dalam perang Bubat yaitu peperangan antara Pajajaran dengan
Majapahit.
Bratalegawa
memilih hidupnya sebagai seorang saudagar, ia sering melakukan
pelayaran ke Sumatra, Cina, India, Srilanka, Iran, sampai ke negeri
Arab. Ia menikah dengan seorang muslimah dari Gujarat bernama Farhana
binti Muhammad. Melalui pernikahan ini, Bratalegawa memeluk Islam.
Sebagai orang yang pertama kali menunaikan ibadah haji di kerajaan
Galuh, ia dikenal dengan sebutan Haji Purwa (Atja, 1981:47).
Setelah
menunaikan ibadah haji, Haji Purwa beserta istrinya kembali ke
kerajaan Galuh di Ciamis pada tahun 1337 Masehi. Di Galuh ia menemui
adiknya, Ratu Banawati, untuk bersilaturahmi sekaligus mengajaknya
masuk Islam. Tetapi upayanya itu tidak berhasil. Dari Galuh, Haji Purwa
pergi ke Cirebon Girang untuk mengajak kakaknya, Giridewata atau Ki
Gedeng Kasmaya yang menjadi penguasa kerajaan Cirebon Girang, untuk
memeluk Islam. Namun kakaknya pun menolak.
Naskah
kuno selain Carita Parahyangan yang mengisahkan orang-orang jaman dulu
yang telah berhasil menunaikan ibadah haji adalah Carita Purwaka
Caruban Nagari dan naskah-naskah tradisi Cirebon seperti Wawacan Sunan
Gunung Jati, Wawacan Walangsungsang, dan Babad Cirebon. Dalam
naskah-naskah tersebut disebutkan adanya tokoh lain yang pernah
menunaikan ibadah haji yaitu Raden Walangsungsang bersama adiknya
Rarasantang. Keduanya adalah putra Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran, dan
pernah berguru agama Islam kepada Syekh Datuk Kahpi selama tiga tahun
di Gunung Amparan Jati Cirebon.
Setelah
cukup berguru ilmu agama Islam, atas saran Syekh Datuk Kahpi,
Walangsungsang bersama adiknya Rarasantang berangkat ke Mekah -diduga
antara tahun 1446-1447 atau satu abad setelah Bratalegawa- untuk
menunaikan ibadah haji dan menambah ilmu agama Islam. Dalam perjalanan
ibadah haji itu, Rarasantang dinikahi oleh Syarif Abdullah, Sultan
Mesir dari Dinasti Fatimiyah (?), dan berputra dua orang yaitu Syarif
Hidayatullah (1448) dan Syarif Arifin (1450). Sebagai seorang haji,
Walangsungsang kemudian berganti nama menjadi Haji Abdullah Iman,
sementara Rarasantang berganti nama menjadi Hajjah Syarifah Mudaim.
Sementara
dari kesultanan Banten, jemaah haji yang dikirim pertama kali adalah
utusan Sultan Ageng Tirtayasa. Ketika itu, Sultan Ageng Tirtayasa
berkeinginan memajukan negerinya baik dalam bidang politik diplomasi
maupun di bidang pelayaran dan perdagangan dengan bangsa-bangsa lain
(Tjandrasasmita, 1995:117).
Pada
tahun 1671 sebelum mengirimkan utusan ke Inggris, Sultan Ageng
Tirtayasa mengirimkan putranya, Sultan Abdul Kahar, ke Mekah untuk
menemui Sultan Mekah sambil melaksanakan ibadah haji, lalu melanjutkan
perjalanan ke Turki. Karena kunjungannya ke Mekah dan menunaikan ibadah
haji, Abdul Kahar kemudian dikenal dengan sebutan Sultan Haji.
Menurut
naskah Sajarah Banten diceritakan suatu ketika Sultan Banten berniat
mengirimkan utusannya kepada Sultan Mekah. Utusan itu dipimpin oleh Lebe
Panji, Tisnajaya, dan Wangsaraja. Perjalanan haji saat itu harus
dilakukan dengan perahu layar, yang sangat bergantung pada musim.
Biasanya para musafir menumpang pada kapal dagang sehingga terpaksa
sering pindah kapal. Perjalanan itu membawa mereka melalui berbagai
pelabuhan di nusantara. Dari tanah Jawa terlebih dahulu harus menuju
Aceh atau serambi Mekah, pelabuhan terakhir di nusantara yang menuju
Mekah. di sana mereka menunggu kapal ke India untuk ke Hadramaut, Yaman,
atau langsung ke Jeddah. Perjalanan ini bisa makan waktu enam bulan
atau lebih.
Di
perjalanan, para musafir berhadapan dengan bermacam-macam bahaya.
Musafir yang sampai ke tanah Arab pun belum aman. Pada masa awal
perjalanan haji, tidak mengherankan apabila calon jemaah dilepas
kepergiannya dengan derai air mata; karena khawatir mereka tidak akan
kembali lagi.
Demikian
beberapa catatan tentang kaum muslimin Nusantara jaman dulu yang telah
berhasil menunaikan ibadah haji. Dari kisah-kisah tersebut nampaknya
ibadah haji merupakan ibadah yang hanya terjangkau kaum elit, yaitu
kalangan istana atau keluarga kerajaan. Hal ini menunjukkan –pada jaman
itu- perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji memerlukan biaya yang
sangat besar. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan adanya
masyarakat kalangan bawah yang juga telah berhasil menunaikan ibadah
haji namun tidak tercatat dalam sejarah. Gelar “Haji” memang pantas
bagi mereka.
Sekarang
perjalanan haji seharusnya tidak sesulit jaman dulu. Sudah selayaknya
pemerintah mempermudah perjalanan haji dan memberikan pelayanan
sebaik-baiknya bagi kaum muslimin yang ingin menunaikannya.
di posting dari :http://www.al-shia.org
http://sejarahcirebon.blogspot.com/2010/05/menengok-sejarah-perjalanan-haji-tempo.html
Foto - foto Jema'ah Haji Tempo Dulu :
Di dalam Historiografi Haji Indonesia, Dr M Shaleh Putuhena
menyatakan, sejak abad ke-16 M, sudah ada umat Islam Indonesia yang
menunaikan ibadah haji.
Begitu juga pada abad-abad berikutnya, banyak umat Islam Indonesia yang pergi haji kendati melalui perjuangan yang sangat berat. Bahkan, ada di antara mereka yang menempuh perjalanan hingga bertahun-tahun. bldirgantara.blogspot.com
Saat bisa meninggalkan Indonesia, mereka singgah di Singapura atau Penang (Malaysia). Di tempat tersebut, umat Islam Indonesia yang ingin berhaji ini rela menjadi pekerja kasar. Ada yang menjadi tukang kebun, menggarap sawah, dan lainnya demi satu tujuan, yaitu berkunjung ke Baitullah (sumber : Sejak Berabad Lalu, Umat Islam Nusantara Sudah Pergi Haji).
Sementara itu, menurut Prof. Dadan Wildan Anas, berdasarkan naskah Carita Parahiyangan dikisahkan bahwa pemeluk agama Islam yang pertama kali di tanah Sunda adalah Bratalegawa putra kedua Prabu Guru Pangandiparamarta Jayadewabrata atau Sang Bunisora penguasa kerajaan Galuh (1357-1371).
Begitu juga pada abad-abad berikutnya, banyak umat Islam Indonesia yang pergi haji kendati melalui perjuangan yang sangat berat. Bahkan, ada di antara mereka yang menempuh perjalanan hingga bertahun-tahun. bldirgantara.blogspot.com
Saat bisa meninggalkan Indonesia, mereka singgah di Singapura atau Penang (Malaysia). Di tempat tersebut, umat Islam Indonesia yang ingin berhaji ini rela menjadi pekerja kasar. Ada yang menjadi tukang kebun, menggarap sawah, dan lainnya demi satu tujuan, yaitu berkunjung ke Baitullah (sumber : Sejak Berabad Lalu, Umat Islam Nusantara Sudah Pergi Haji).
Sementara itu, menurut Prof. Dadan Wildan Anas, berdasarkan naskah Carita Parahiyangan dikisahkan bahwa pemeluk agama Islam yang pertama kali di tanah Sunda adalah Bratalegawa putra kedua Prabu Guru Pangandiparamarta Jayadewabrata atau Sang Bunisora penguasa kerajaan Galuh (1357-1371).
Mengenai siapa pemeluk Islam pertama di tataran Sunda, ada versi lain yang menyebutkan seorang Pangeran dari Tarumanegara, yang bernama Rakeyan Sancang. Rakeyan Sancang disebutkan hidup pada masa Imam Ali bin Abi Thalib.Bratalegawa adalah seorang saudagar, ia sering melakukan pelayaran ke Sumatra, Cina, India, Srilanka, Iran, sampai ke negeri Arab. Ia menikah dengan seorang muslimah dari Gujarat bernama Farhana binti Muhammad. Melalui pernikahan ini, Bratalegawa memeluk Islam. Bratalegawa juga dikenal, sebagai orang yang pertama kali menunaikan ibadah haji di kerajaan Galuh, ia mendapat sebutan, Haji Purwa.
Rakeyan Sancang diceritakan, turut serta membantu Imam Ali dalam pertempuran menalukkan Cyprus, Tripoli dan Afrika Utara, serta ikut membangun kekuasaan Muslim di Iran, Afghanistan dan Sind (644-650 M) (Sumber : Islam masuk ke Garut sejak abad 1 Hijriah). bldirgantara.blogspot.com
Dua Haji Baru dari Ternate
Sumber : PenjelajahBahari
Sumber : PenjelajahBahari
Berdasarkan catatan sejarah, jemaah haji Kesultanan Banten, yang
dikirim pertama kali adalah utusan Sultan Ageng Tirtayasa. Ketika itu,
Sultan Ageng Tirtayasa berkeinginan memajukan negerinya baik dalam
bidang politik diplomasi maupun di bidang pelayaran dan perdagangan
dengan bangsa-bangsa lain (Tjandrasasmita, 1995:117). bldirgantara.blogspot.com
Pada tahun 1671 sebelum mengirimkan utusan ke Inggris, Sultan Ageng Tirtayasa mengirimkan putranya, Sultan Abdul Kahar, ke Mekah untuk menemui Sultan Mekah sambil melaksanakan ibadah haji, lalu melanjutkan perjalanan ke Turki. Karena kunjungannya ke Mekah dan menunaikan ibadah haji, Abdul Kahar kemudian dikenal dengan sebutan Sultan Haji (Sumber: Kian Santang).
Pada tahun 1671 sebelum mengirimkan utusan ke Inggris, Sultan Ageng Tirtayasa mengirimkan putranya, Sultan Abdul Kahar, ke Mekah untuk menemui Sultan Mekah sambil melaksanakan ibadah haji, lalu melanjutkan perjalanan ke Turki. Karena kunjungannya ke Mekah dan menunaikan ibadah haji, Abdul Kahar kemudian dikenal dengan sebutan Sultan Haji (Sumber: Kian Santang).
Pemberangkatan Haji di Tanjung Priok (1925-1935)
Sumber : Tanjung Priok
Sumber : Tanjung Priok
HAJI DI MASA KOLONIAL
Untuk mengawali usaha monopoli ibadah haji tersebut, maka pemerintah kolonial mengeluarkan sebuah putusan terkait prosesi ibadah haji untuk pertama kalinya, “pihak kolonial kemudian berupaya menekan jamaah haji dengan mengeluarkan Resolusi (putusan) 1825. Peraturan ini diharapkan tidak hanya memberatkan jamaah dalam hal biaya tetapi sekaligus dapat memonitor aktivitas mereka dalam melaksanakan ritual ibadah haji dan kegiatan lainnya selama bermukim disana”.
Pada waktu musim haji 1927-1928 jamaah yang berangkat menunaikan ibadah haji ke Makah berjumlah 33.965 orang yang terdiri atas; 10.970 orang berangkat dengan perusahaan Rotterdamsche Lloyd, menggunakan perusahaan Nederlandsche Lloyd 9.467 orang, dan perusahaan Ocean 10.634 orang. Selama musim haji itu, tiap perusahaan mengoperasikan kapalnya antara 7 samapi 9 kali” (Majid, 2008.Hlm. 67). bldirgantara.blogspot.com
Walaupun dengan biaya yang begitu mahal, jamaah haji tidak mendapatkan fasilitas yang memadai dalam prosesi ibadah haji, “persaingan maskapai kapal Belanda (KPM) yang disebut dngan istilah kongsi tiga dengan maskapai kapal Inggris, Arab, dan Singapura, namun pada umumnya maskapai tidak ada yang mengutamakan kesehatan (Sumber : Kelas Haji Kelas Sosial).
“Semakin banyak peziarah yang berangkat ke Makkah, semakin meningkatlah fanatisme (Keislaman).” -Koran De Locomotief, 1877-Campur tangan pihak kolonial dalam hal urusan ibadah haji, bermula dengan alasan ketakutan dan kecurigaan terhadap para haji yang baru pulang dari tanah suci. Terdapat kecurigaan bahwa masyarakat Nusantara yang menunaikan ibadah haji di Makah akan membawa pemikiran baru dalam pergerakan Islam untuk menentang kolonialisme. Kecurigaan ini kemudian dijadikan sebagai alat untuk merumah kacakan prosesi ibadah haji untuk memudahkan dalam mengontrol pergerakannya.
Untuk mengawali usaha monopoli ibadah haji tersebut, maka pemerintah kolonial mengeluarkan sebuah putusan terkait prosesi ibadah haji untuk pertama kalinya, “pihak kolonial kemudian berupaya menekan jamaah haji dengan mengeluarkan Resolusi (putusan) 1825. Peraturan ini diharapkan tidak hanya memberatkan jamaah dalam hal biaya tetapi sekaligus dapat memonitor aktivitas mereka dalam melaksanakan ritual ibadah haji dan kegiatan lainnya selama bermukim disana”.
Pada waktu musim haji 1927-1928 jamaah yang berangkat menunaikan ibadah haji ke Makah berjumlah 33.965 orang yang terdiri atas; 10.970 orang berangkat dengan perusahaan Rotterdamsche Lloyd, menggunakan perusahaan Nederlandsche Lloyd 9.467 orang, dan perusahaan Ocean 10.634 orang. Selama musim haji itu, tiap perusahaan mengoperasikan kapalnya antara 7 samapi 9 kali” (Majid, 2008.Hlm. 67). bldirgantara.blogspot.com
Walaupun dengan biaya yang begitu mahal, jamaah haji tidak mendapatkan fasilitas yang memadai dalam prosesi ibadah haji, “persaingan maskapai kapal Belanda (KPM) yang disebut dngan istilah kongsi tiga dengan maskapai kapal Inggris, Arab, dan Singapura, namun pada umumnya maskapai tidak ada yang mengutamakan kesehatan (Sumber : Kelas Haji Kelas Sosial).
Pemberangkatan Haji di Teluk Bayur
Sumber : PenjelajahBahari
Sumber : PenjelajahBahari
Konon, perjalanan menuju Mekah dari daerah-daerah di Nusantara
membutuhkan waktu 2 hingga 6 bulan lamanya karena perjalanan hanya dapat
ditempuh dengan kapal layar. Bayangkan berapa banyak perbekalan berupa
makanan dan pakaian yang harus dipersiapkan para jemaah haji.
Itu pun belum tentu aman. Kafilah haji selalu harus waspada akan kemungkinan para bajak laut dan perompak di sepanjang perjalanan, belum lagi ancaman topan, badai dan penyakit. Tidak jarang ada jemaah haji yang urung sampai di tanah suci karena kehabisan bekal atau terkena sakit. Kebanyakan dari mereka tinggal di negara-negara tempat persinggahan kapal. bldirgantara.blogspot.com
Karena beratnya menunaikan ibadah haji, mudah dimengerti bila kaum muslimin yang telah berhasil menjalankan rukun Islam kelima ini kemudian mendapatkan kedudukan tersendiri dan begitu terhormat dalam masyarakat sekembalinya ke negeri asalnya. Merekapun kemudian mendapat gelar “Haji”, sebuah gelar yang umum disandang para hujjaj yang tinggal di negara-negara yang jauh dari Baitullah seperti Indonesia dan Malaysia, tapi gelar ini tidak populer di negara-negara Arab yang dekat dengan tanah suci (Atja, 1981:47).
Itu pun belum tentu aman. Kafilah haji selalu harus waspada akan kemungkinan para bajak laut dan perompak di sepanjang perjalanan, belum lagi ancaman topan, badai dan penyakit. Tidak jarang ada jemaah haji yang urung sampai di tanah suci karena kehabisan bekal atau terkena sakit. Kebanyakan dari mereka tinggal di negara-negara tempat persinggahan kapal. bldirgantara.blogspot.com
Karena beratnya menunaikan ibadah haji, mudah dimengerti bila kaum muslimin yang telah berhasil menjalankan rukun Islam kelima ini kemudian mendapatkan kedudukan tersendiri dan begitu terhormat dalam masyarakat sekembalinya ke negeri asalnya. Merekapun kemudian mendapat gelar “Haji”, sebuah gelar yang umum disandang para hujjaj yang tinggal di negara-negara yang jauh dari Baitullah seperti Indonesia dan Malaysia, tapi gelar ini tidak populer di negara-negara Arab yang dekat dengan tanah suci (Atja, 1981:47).
Kegiatan Karantina Haji di Pulau Onrust (1911-1933)
Sumber : Onrust
Sumber : Onrust
Demikian beberapa catatan tentang kaum muslimin Nusantara jaman dulu
yang telah berhasil menunaikan ibadah haji. Dari kisah-kisah tersebut
nampaknya ibadah haji merupakan ibadah yang hanya terjangkau kaum elit,
yaitu kalangan istana atau keluarga kerajaan.
Hal ini menunjukkan –pada jaman itu- perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji memerlukan biaya yang sangat besar. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan adanya masyarakat kalangan bawah yang juga telah berhasil menunaikan ibadah haji namun tidak tercatat dalam sejarah. Gelar “Haji” memang pantas bagi mereka. bldirgantara.blogspot.com
Sekarang perjalanan haji seharusnya tidak sesulit jaman dulu. Sudah selayaknya pemerintah mempermudah perjalanan haji dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi kaum muslimin yang ingin menunaikannya.
Hal ini menunjukkan –pada jaman itu- perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji memerlukan biaya yang sangat besar. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan adanya masyarakat kalangan bawah yang juga telah berhasil menunaikan ibadah haji namun tidak tercatat dalam sejarah. Gelar “Haji” memang pantas bagi mereka. bldirgantara.blogspot.com
Sekarang perjalanan haji seharusnya tidak sesulit jaman dulu. Sudah selayaknya pemerintah mempermudah perjalanan haji dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi kaum muslimin yang ingin menunaikannya.
Gambar tambahan : dari Google.
1 komentar:
kisah NYATA berbagi info...
saya belum lama ini
bulan juni 2016
tepat di hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016)
KU DI TIPU
rumah juru kunci (PALSU)
a/n:Ading 36thn (PENIPU)
hp.081223871269
ciri-ciri: orang kurus,kulit kuning sawo,tinggi 160+
(PRAKTEK DGN BONEKA JENGLOT PALSU)
melakukan pesugihan dana Goib
di desa pagundan
kampung dusun kliwon
kuningan (jawa)
tempat tinggal istri ke 1(TUA)
(anak 2 cowo)
juru kunci (PALSU)
a/n:Ading 36thn (PENIPU)
mempunyai 3 istri
selama menipu sebagai juru kunci PALSU 8 thn...
tempat makam keramat&sumur keramat
desa pagundan (TIPUAN/PENIPU)
kampung dusun kliwon (KUNINGAN)
aku hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016) melakukan ritual selama 3x..(Ritual)...
sampai aku merogoh kocek ku sebesar 35jt lebih...
membeli CERUTU JANGKRIK (komplit)
35pcs x 600rb = 21 jt
mebeli sesaji (komplit):
nasi tumpeng
buah,menyan,kembang dll
sebesar 14jt lebih...
juru kunci (MENIPU KU)
a/n:Ading 36thn (PENIPU)
hp.081223871269
alamat Rumah tinggal >>>>
istri (MUDA) ke 2 anak 4 (3 cewek 1 laki)
Desa sidarja
kampung cisalak
blok pahing
kecamatan ciawi gebang
kabupaten kuningan (jawa)
Rumah a/n:Ading 36thn (PENIPU)
yg mengaku juru kunci..
di belakang sekolah SD negri
turun lapangan bola
sidaraja kuningan
ku mengadakan Ritual dana goib
hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016)
di makam keramat & sumur keramat
di desa pagundan
kampung dusun kliwon (KUNINGAN)
selama 3x...(3 hari komplit sesajen)
tepat ritual yg ke 3 hari minggu,
juru kunci PALSU
a/n: Ading 36thn (PENIPU)
hp.081223871269
berkata di makam keramat,mengatakan uang dana goib,akan di antar langsung oleh arwah makam keramat
desa pagundan
kampung dusun kliwon (kuningan)
tepat jam 1 malam di Rumah aku
tggu di jembatan ke5 dekat Rumah ku
setelah melakukan ritual yg ke3x..
(komplit sesajen dari ke 1x-3x)
ku lansung bergegas pulang ke Rumah
dan ku sampai di jembatan yg ke5
hari minggu pkl 11 malam...
ku tunggu,sambil baca mantra panggil arwah makam keramat
ku baca mantra sampai pkl 3 subuh (minggu 12-6-2016)
arwah makam keramat tak kunjung hadir/datang...
juru kunci PALSU
a/n:Ading 36 thn (PENIPU)
hp.081223871269
ku tlp&sms juru kunci palsu itu
tidak di angkat&tidak membalas sms ku sama sekali (ku di tipu)..
hati-hati saudara ku
jangan mudah percaya,apa lagi baru kenal&mengaku juru kunci,paranormal,dukun dsb
(modus penipuan)
www.ading36thn_penipuan.com
sekian dan terima kasih
alamat rumah yg di tinggal&di tempati >>>>
juru kunci (PALSU)
a/n: Ading 36 thn (PENIPU)
hp.081223871269
(PRAKTEK DGN BONEKA JENGLOT PALSU)
istri (MUDA) ke 2 mempuyai
anak 4 (cewe 3 cowo 1)
desa sidarja
kampung cisalak
desa pahing
kecamatan ciawi gebang
kabupaten kuningan (jawa)
di belakang SD NEGRI
SiDARAJA KUNINGAN
Posting Komentar